Kakek Bodo dan Sebuah Air Terjun

Air Terjun Kakek Bodo, mungkin kalian sudah pernah mendengarnya. Mengunjunginya pun mungkin sudah berkali-kali. Well, hal ini mungkin berlaku untuk orang yang tinggal di daerah Jawa Timur.

Air Terjun Kakek Bodo berlokasi  Jl. Taman Wisata No.541, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur. Untuk mencapainya, Anda dapat berkendara dengan motor maupun mobil. Bis ? tentu saja bisa. Lokasi ini berdekatan dengan banyak penginapan sehingga untuk menemukan tempat wisata ini tidaklah terlalu sulit karena ada palang yang menunjukkan lokasi Air Terjun Kakek Bodo. 

Setibanya di lokasi biasanya para wisatawan tak lupa berfoto di palang selamat datang. Tak perlu khawatir, palangnya cukup lebar untuk menampung banyak orang, tetapi tetaplah mengantri jika ingin mendapat spot foto terbaik, terutama jika memasuki akhir pekan dan liburan

Jpeg

Untuk harga tiket masuk, Air Terjun Kakek Bodo memiliki harga tiket yang cukup terjangkau. Berikut harga tiket-tiketnya.

Jpeg

Ah ya, bagi kalian yang tidak ingin pergi ke Air Terjun Kakek Bodo, dapat mencoba opsi kolam renang. Ada kolam untuk anak-anak dan dewasa hingga kedalaman 2meter. Airnya tentu langsung dari air terjun yang masih bersih dan berhawa dingin pegunungan. Tak hanya kolam renang, wisata air terjun ini juga menyediakan wahana permainan bagi anak-anak seperti jungkat-jungkit dan ayunan.

Sebelum memasuki lokasi, akan ada petugas yang memeriksa karcis setiap wisatawan lo (HAHA, penting ga ini ? menurutku sih penting hehe)

Jpeg

Setelah melewati palang pengawasan dua penjaga di atas, maka Anda bisa langsung jalan menuju Air Terjun Kakek Bodo yang katanya hanya 500 meter. Tenang saja, Anda takkan tersesat karena selalu ada palang-palang yang menunjukkan arah menuju air terjun

Meskipun palangnya menuliskan 500 meter, ibuku berkata bahwa ia tidak percaya. Aku pun juga tidak percaya setelah melakukan perjalanan ke sana. Rute naik-turun berliku-liku hingga melewati jembatan-jembatan dan sebagainya rasanya tak mungkin jika panjang rute menuju air terjun ini hanya 500 meter. Maka, bagi kalian yang ingin mengunjungi air terjun ini sebaiknya bersiap-siap mendaki gunung lewati lembah (ga deng, canda).

This slideshow requires JavaScript.

Setidaknya, ada baiknya Anda menyiapkan perbekalan yang cukup untuk perjalanan menuju air terjun. Jika tidak membawa perbekalan, jangan khawatir. Setiap tikungan dan belokan dari perjalanan menuju air terjun selalu ada pedagang yang berjualan makanan, minuman, dan makanan ringan.

Jika Anda beruntung (atau mungkin menurut Anda tidak beruntung), Anda dapat menemukan banyak sekali kera-kera di sepanjang perjalanan Anda. Tenang, hewan hutan tersebut tidak akan mengganggu Anda selama Anda tak mengganggu mereka. Jalanlah seperti biasa, tak perlu menjerit-jerit pula jika melihatnya (hehe).

Jpeg

Bagi Anda yang Muslim, wisata ini juga menyediakan mushola yang memadai bagi Anda yang hendak melaksanakan ibadah.

Jpeg

Dalam perjalanan menuju Air Terjun Kakek Bodo, Anda pun akan menemui situs bersejarah mengapa air terjun yang berlokasi di Tretes ini dinamakan Air Terjun Kakek Bodo. Dalam situs ini terdapat makam Kakek Bodo dan juga kisah perjuangan beliau yang merupakan pejuang melawan penjajah Belanda.

Jpeg

Setelah mendaki gunung dan lewati lembah, maka Anda akan menemukan yang Anda tunggu-tunggu, yakni Air Terjun Kakek Bodo yang berada di ketinggian 850 meter dpl dan memiliki terjunan air sekitar 40 meter.

Jpeg

Begitulah kira-kira review saya mengenai Air Terjun Kakek Bodo. Berminat mengunjungi ? Hanya menempuh 1-1.5 jam berkendara (dari Surabaya) Anda dapat melihat keindahan alam ini lo, tunggu apalagi ? Yuk siapkan tasmu dan berangkat ke Tretes, hehe.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s